Friday, 16 August 2019

Article - Sudah Saatnya Kaum Wanita Berkontribusi di Pasar Modal !

By Sekar Savira

Pic by Unsplash

Dunia investasi selalu identik dikenal untuk kaum pria saja, namun sebenarnya investasi ini juga terbuka untuk dilakukan oleh kaum wanita. Di mana saat ini wanita memiliki kesetaraan dengan pria termasuk dalam hal berinvestasi. Mengingat investasi bukan lagi suatu pilihan, melainkan suatu keharusan agar menjamin kebutuhan masa depan bisa terjamin dengan baik. Apalagi dewasa ini, investasi sudah menjadi kebutuhan semua orang tanpa memandang latar belakang ekonomi, status sosial, budaya hingga ke gender,http://livecasino.monster. Lantas seberapa unggul kaum wanita dalam menjalankan sebuah investasi, terlebih lagi dalam berinvestasi di pasar modal ?

Artikel ini dipersembahkan oleh:

            Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) hingga per akhir Maret 2019 kemarin, tercatat jumlah investor wanita di Indonesia sudah mencapai 40% dari total seluruh investor di pasar modal. Pasalnya jumlah tersebut sudah mengalami peningkatan yang signifikan, bila dibandingkan dengan jumlah investor pria yang sebelumnya terhitung sekitar 70% dengan jumlah investor wanita yang hanya sekitar 30% dari total investor pasar modal. Tentu dong, pencapaian angka kontribusi sebesar 40% untuk investor wanita pada Maret 2019 kemarin sudah menjadi kabar menggembirakan …

            Hal menarik lainnya seperti yang kita tahu sejak dulu di jamannya ibu maupun nenek kita, mereka wanita sangat di kenal sebagai sosok yang rajin melakukan pembelian emas. Tidak semata-mata untuk perhiasan saja, namun dengan harapan mereka dapat menjualnya kembali dan menerima sejumlah uang dari penjualan emasnya tersebut. Tidak lain kondisi itu adalah sebuah investasi yang dilakukan secara sederhana di jaman dulu. Bahkan terkadang ada juga yang menggunakan uangnya untuk membeli aset seperti halnya tanah maupun rumah, dengan harapan ke depannya akan menjadi sumber pendapatan bagi keluarganya. Kondisi tersebut memperlihatkan bahwa sebenarnya memang kaum wanita ini lebih rajin dalam berinvestasi.

Bahkan berdasarkan penelitian Fidelity Investment salah satu raksasa jasa keuangan di Amerika Serikat, ditahun 2010 yang lalu pernah mengungkapkan bahwa sebenarnya kaum wanita ini lebih cerdas dan sangat bijak dalam menjalankan sebuah investasi. Meskipun pada kenyataannya memang investor pria lebih banyak dibandingkan dengan investor wanita. Dan di tahun 2016, Fidelity kembali menemukan bahwa investor wanita lebih unggul sekitar 0.3% daripada kaum pria yang berinvestasi.

            Di sisi lain hal yang sama juga diungkapkan oleh hasil studi Outperformance Gender oleh Akademisi  Terrance Odean dari University of California – Berkeley dan Brad Barber dari University of California – Davis. Mereka menyebutkan bahwa kaum wanita ini ternyata lebih unggul dari kaum pria dalam hal berinvestasi. Bahkan mereka memberikan perkiraan range untuk kinerja investor wanita yang lebih besar sekitar 0.4% lebih baik daripada investor pria. Di mana investor wanita ini akan lebih cenderung berprinsip “หนังโป๊”. Konsep tersebut mirip dengan prinsip Warren Buffet dan Jack Bogle, yang berpegang teguh pada : Simpan uangmu di indeks saham yang murah, dan jangan sentuh selama bertahun-tahun atau berpuluh-puluh tahun.

            Karena investasi ini juga berkaitan dengan pengelolaan keuangan, maka ada riset lain yang pernah dilakukan oleh Michele Raneri yang merupakan Wakil Presiden Analisis dari Experian. Dalam risetnya tersebut, Michele Raneri menunjukkan penelitiannya bahwa wanita memang lebih pintar dalam mengelola keuangan dibandingkan dengan pria. Maka, tidak heran jika Penulis sendiri juga mengapresiasi kemampuan para kaum wanita yang menjalankan investasi. Dengan kemampuan mengelola keuangannya, sebenarnya membuat wanita lebih mudah mengimplementasikannya dalam berinvestasi.

#Keunggulan Wanita dalam Berinvestasi

            Lantas hal-hal apa yang membuat investor wanita dinyatakan mampu mengungguli investor pria ? Bukankah kaum wanita ini cenderung sulit menerima suatu hal yang berada diluar logika mereka ? Nah, ternyata tidak banyak orang tahu bahwa kaum wanita ini memiliki beberapa karakter yang mungkin tidak mampu dikuasai dan dikendalikan oleh kaum pria. Tak pelak hal tersebut, membuat investor wanita menjadi setingkat lebih sukses dari investor pria.

Berikut ini ada sejumlah karakter yang secara alami memang dikuasai oleh investor wanita :

  1. Wanita cenderung sabar dalam investasi

Keunggulan utama kaum wanita adalah sifat sabarnya, bahkan di nilai lebih sabar daripada pria. Maka tidak salah jika wanita akan lebih sabar dalam menjalankan investasi, mereka akan sanggup menetapkan jarak dengan risiko. Hal itu terlihat dari intensitas aktivitas investasi yang tidak berlebihan, sehingga mereka cenderung lebih sedikit melakukan aktivitas jual beli sahamnya. Kondisi wanita dalam berinvestasi m ini tentu berbanding terbalik dengan pria, yang lebih agresif dan sangat sering melakukan aktivitas jual beli saham.

  • Wanita lebih mudah untuk disiplin dan konservatif

Dalam kehidupan terkadang kita dipaksa untuk bertindak disiplin sebagai bentuk tanggung jawab terhadap suatu hal, bahkan khususnya untuk diri sendiri. Demikian halnya dalam berinvestasi, wanita akan cenderung memilih investasi jangka panjang dan menikmatinya. Sehingga mereka akan membeli dan kemudian sangat menahan investasinya, oleh karena itu kaum investor wanita juga dinilai lebih konservatif dan lebih berorientasi dalam investasi jangka panjang. Beda halnya dengan pria yang menyenangi investasi jangka pendek.

  • Wanita memiliki Risk – Adjusted Return yang lebih kuat

Dengan kedisiplinan dan sikap konservatifnya tersebut, membuat investor wanita memiliki Risk – Adjusted Return yang lebih kuat. Di mana wanita akan benar-benar memperhatikan besaran return yang telah mereka sesuaikan dengan kemampuan risiko yang dimiliki untuk mendapatkan return tersebut. Kondisi tersebut membuat wanita sangat teliti dalam memutuskan langkah, dan memperhitungkan risiko yang mungkin ia hadapi.

  • Wanita lebih Open Minded Terhadap Apapun

Dengan kesabaran dan kemampuan disiplinnya dalam berinvestasi, maka investor

wanita ini jauh lebih terbuka menerima masukan dan saran dari pihak lain. Secara tidak langsung hal itu mendorong wanita memiliki cara pandang yang luas dari berbagai sudut. Namun jangan salah kaprah, meskipun mereka sangat terbuka terhadap apapun bukan berarti mereka akan menelan mentah-mentah berbagai pendapat yang diperolehnya. Mereka akan kembali mempertimbangkannya dan menyesuaikannya dengan kemampuannya. Dengan keterbukaannya tersebut, kaum wanita yang menjadi investor ini akan memiliki pandangan yang sangat komprehensif. Sebaliknya, pria yang menjadi investor cenderung lebih mengutamakan egonya dan seringkali enggan bertanya. Tak jarang menganggap investasi adalah persaingan yang harus dimenangkan untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat.

  • Wanita mampu menangani stress dengan baik

Bukan hal yang tidak mungkin dalam berinvestasi saham seseorang akan dihadapkan dengan kondisi yang tidak diinginkan, dan seringkali akan membuat mereka cenderung mengalami stress. Nah keunggulan lain yang dimiliki oleh wanita adalah kemampuannya dalam menangani kondisi stress dengan baik. Pasalnya sudah hal yang lumrah jika wanita merasa stress ia akan meluapkannya dengan menangis ataupun dengan berjalan-jalan sebentar. Hal itu ternyata mampu mengubah pikirannya menjadi lebih jernih dan lebih tenang untuk mengambil keputusan. Kondisi ini akan meminimalisir kesalahan dan kerugian wanita dalam berinvestasi, beda halnya dengan pria yang akan memaksakan kondisi stress mereka dalam mengambil keputusan terhadap investasinya

  • Wanita lebih mampu menjadi seseorang yang multitasking

Dengan kemampuannya mengelola keuangan baik secara pribadi maupun keluarga, menjadikan wanita lebih memiliki kapabilitas secara sekaligus. Apalagi pengelolaan investasi memiliki keterkaitan erat dengan pendapatan dan pengeluaran. Hal itu membuat wanita lebih mudah mengelola investasinya bersamaan dengan keuangannya. Ditambah lagi dengan tingkat konsentrasi wanita yang lebih baik daripada pria, membuat wanita mampu mengorganisir investasi dengan baik.

            Sebagaimana perlu kita ingat, keunggulan wanita dalam berinvestasi ini lantaran tak lepas dari tujuan jangka panjang yang mereka inginkan. Dan bahkan sebagian besar tidak akan melenceng dari tujuan awal mereka berinvestasi. Kondisi itu terdorong oleh keinginan kuat kaum wanita untuk menabung dan mengamankan asetnya untuk masa pensiun maupun untuk kebutuhan finansial lainnya di masa mendatang.

#Kelemahan Wanita dalam Berinvestasi

            Sayangnya, meskipun wanita lebih unggul menjalankan peran sebagai seorang investor. Namun ternyata dalam menjalankan investasinya, wanita tetap memiliki kekhawatiran yang cukup tinggi dalam berinvestasi di pasar saham. Satu-satunya kekhawatiran tersebut, lantaran mereka merasa sangat minim dengan pengetahuan berinvestasi. Di sisi lain, kadang mereka merasa tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pria. Mengingat hingga saat ini memang pasar modal lebih didominasi oleh kaum pria. Kedua hal itu disinyalir akan menjadi kelemahan fatal investor wanita dalam berinvestasi. Adapun sebuah data menunjukkan hanya sebesar 9% wanita yang yakin akan kemampuannya bisa lebih unggul dari pria dalam berinvestasi. Kondisi itu sangat disayangkan, karena menimbulkan pandangan bahwa wanita tidak percaya diri dalam berinvestasi.

            Baiklah setelah kita membahas dua sisi dari investor wanita. Maka tidak ada salahnya, jika Anda wanita baik dari kalangan remaja, pekerja, hingga ibu rumah tangga tidak ada salahnya untuk segera terjun meramaikan pasar modal Indonesia. Buatlah perencanaan dan tujuan investasi sejak dini. Dengan begitu, kesetaraan antaran wanita dengan pria tidak ada lagi ruang pembeda dan sama-sama bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan investasi di pasar modal Indonesia.

            So, buat kamu kaum wanita, apakah masih ragu untuk belajar perencanaan dan terjun langsung ke dunia investasi ?

By : RK Artikel, 5 Agustus 2019