Tuesday, 25 June 2019

Stylish Spender - Tips memilih Tas Branded Pertama

By Aliyah Natasya
Photo by Icons8 team on Unsplash

LV, Chanel, Hermes, Prada, Dior, Fendi, Gucci and so on and so on. Upper Branded Brand dari Eropa yang masih dipuja, buat tua dan muda. Memiliki barang branded sudah menjadi style personality, most of people buy it because they want it.

Membeli tas branded pertama, banyak hal jadi bahan pertimbangan. Memilih tas mevvah pertama yang dibeli dari jerih payah alias duit sendiri itu menjadi kesenangan tersendiri. Yes! Aku udah bisa nabung sampai puluhan juta dan I want that to have my first designer bag.

I still remember my first Designer Bag was from Louis Vuitton, I bought it back then in 2009. Kala itu, masih S2 di negeri Prince Harry dan aku kerja part time dengan gaji Poundsterling. Dari tabungan dengan kurs Negeri Inggris itulah pertama kalinya ku beli Tote Bag dari LV, Neverfull.

Tas branded yang klasik

Ada beberapa items designers bag yang jadi ikon klasik. Tas seperti ini cocok banget untuk jadi investment bag, karena harganya enggak pernah turun bahkan naik terus.

Menurut aku beberapa pilihan tas branded klasik yang layak jadi koleksi pertama kamu yaitu:

  • Chanel Classic Flap Bag
  • Lady Dior
  • Hermès Birkin Bag

Sebuah studi yang dilakukan oleh Baghunter menunjukkan bahwa selama 35 tahun, tas Birkinnya Hermes tidak pernah menunjukkan penurunan, sedangkan saham dan emas pernah mengalami depresiasi.

Pilih warna hitam, beige atau putih

Untuk tas branded pertama kamu, usahakan memilih warna-warna yang bisa matching dan cocok dengan berbagai warna baju. Ketika membeli tas branded, aku tuh tidak pernah keluar jalur dari tiga warna tersebut.

Khusus untuk tas berwarna hitam, mereka lebih diterima jikalau suatu hari kalian mau jual kembali sebagai preloved items. Untuk market pre-loved warna hitam berbagai brand masih mendominasi.

Tas Branded yang High Demand

Untuk beberapa Designer Bag, ada kok selain ketiga model di atas yang high demand. Selain harganya lebih terjangkau, biasanya mereka ini muat banyak karena perlengkapan tempur cewek jaman sekarang butuh tas gede. Modelan Tote Bag and Weekend Bag menjadi model yang dipilih.

Based on harga jual di market second hand dan koleksi selebriti yang aku lihat sih, biasanya model-model seperti berikut ini yang jadi pilihan.

  • Balenciaga City Bag
  • LV Neverfull
  • Prada Nylon Bag
  • Givenchy Antigona

Dari segi harga, untuk tas barunya masih di 20 jutaan dan harga jual laginya masih tinggi juga. Kaya jual beli mobil merek Toyota atau Honda di Indonesia.

Pilih tas yang bisa kamu pakai kapanpun

Walau designer bag itu harganya jutaan rupiah, bukan berarti kamu harus nunggu acara mevvah atau formal untuk memakai si tas branded ini. You want to show it to the world and it will boost your confidence when you carry it.

Tas Designer ini akan menjadi ciri khas kamu, your style identity. Kamu bahkan bisa pakai untuk sehari-hari kok. Ke kantor, sekedar ngopi atau nge-date kamu bisa pakai kemana aja. Kalau ada yang julid, itu karena mereka tidak mampu.

Coba beli pre-loved items

FYI, harga tas klasik dengan kurs USD/IDR hari ini di 13.900 berarti sekitar 50 jutaan keatas ya. Gak usah memaksakan diri untuk Mini Lady Dior Bag or Chanel Classic yang baru. It is okay to buy pre-loved items. Bisa cek di Brand Buffet situs pre-loved items di Indonesia.

Beli saat ada Sale atau Diskon

Tunggu waktu yang tepat untuk membeli. Musim diskon adalah saat yang tepat untuk membeli designer bag. Harap diingat yang tas-tas klasik dan brand-brand seperti Chanel dan Hermes tidak memberi diskon untuk tas mereka yah.

Nah, memang si tas-tas cantik ini mengundang kontroversi. Kok mahal banget ya dan kenapa sih masih pada mau aja membeli Tas Mahal. Harap diingat, semua perempuan itu tidak sama dan mereka punya pilihan ataupun keinginan yang berbeda satu sama lain.

Buat aku sendiri, punya tas branded itu bagian dari my style identity. I worked for hard for it and I earned it, hehe ini juga bagian dari a good reminder of what I have achieved.