Thursday, 5 July 2018

Smart Investor - Tips Karir

By Aliyah Natasya

Setelah bertahun-tahun kerja kamu ngerasa karir kamu datar dan butuh pencerahan? Mumpung masih muda dan gak menyesal di kemudian hari.Sekarang waktunya termotivasi untuk do more and shine on!

Kenapa rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau dari rumput yang ada di halaman sendiri? Duduk di depan monitor kantor yang penuh dengan agenda meeting plus deadline bikin makin gak termotivasi. Iseng cek instagram ternyata Anton lagi Paragliding di Bali, Vira baru launching line lipsticknya, Yuki baru warming house rumah barunya dan Dodi lagi site visit kebun hydroponiknya di kawasan Gadog, Jawa Barat.

And here I am, di depan monitor, masih mengerjakan report dan presentasi yang udah dikerjain dari dua tahun lalu yang template nya sama-sama aja, gak ada perubahan. Terkadang ada proyek ambisius yang deadlinenya harus selesai dalam 3 hari. Lalu di bulan Maret ini ternyata kenaikan gaji apa adanya, walau bonus lumayan deh sebesar 3 kali gaji.

Lalu kepikiran pengen berhenti kerja terus jadi pengusaha walau belum tahu pengen usaha apa? Karena entrepreneur spirit sounds cool! Tapi tunggu deh, yakin mau give up your career over boredom and desperate moment?

Sebelum nasi menjadi bubur, coba deh evaluasi diri kamu sendiri, apakah effort yang sudah kamu kasih sesuai dengan ekspektasi dari Manager kamu?

Dua kunci untuk bikin karir cemerlang itu adalah komunikasi dan eksekusi.

  1. Komunikasi

Coba ngomong sama atasan kamu tentang job desk kamu yang kamu rasa datar dan kenapa suka ada proyek ambisius? Bos kamu percaya kalau  kamu adalah master yang bisa bikin report dan presentasi yang amazing!

Kamu punya kredibilitas kalau kamu ahlinya ngerjain proyek ambisius karena kamu punya powerful knowledge dan manajemen waktu yang baik. Kamu justru harus berterima kasih sama bos kamu kalau ternyata proyek tersebut adalah proyek yang jadi sorotan bos-bos besar.

Kalau kamu pengen naik jabatan atau promosi kamu juga harus ngomong. Let your boss know where you want to be and why you deserve a promotion. Boss yang oke akan ngasih tahu langkah untuk naik jabatan. Kamu harus rela untuk mendapat tanggung jawab lebih atau belajar sesuatu yang baru. Inget ya kalau semua perlu waktu, yang instan itu cuma indomie.

2. Eksekusi alias Waktunya kamu unjuk gigi.

Bosan dengan template report yang standard, mungkin kamu bisa kasih berinovasi menjadikan slide lebih simple dan singkat hingga presentasi bisa lebih to the point.

Dengan berani mengambil tanggung jawab lebih plus proyek-proyek ambisius itu hasilnya luar biasa keren pasti nama kamu akan harum semerbak deterjen pewangi.

Belajar untuk melakukan sesuatu yang baru, akan menjadi tambahan nilai buat CV kamu plus memperluas ekspertise kamu. Gak cuma spesialis di satu bidang, ternyata kamu bisa mengerjakan hal teknikal dan operasional hal ini akan menaikkan kredibilitas kamu yang bisa membantu karir kamu melesat.

Bisa dong untuk coba memulai kehidupan karir yang lebih cemerlang. Berani bertanggung jawab dan memberikan eksekusi yang baik pasti kamu akan dinobatkan sebagai talent perusahaan. Inget yah, dictionary is the only place where success comes before work.