Thursday, 5 July 2018

Smart Investor - Tips Investasi : Cara Hemat ala Orang Jepang

By Aliyah Natasya

Banyak dari kita, the millenials punya masalah ngatur duit. Entah kenapa selalu ngerasa kayanya gaji gak pernah cukup karena ternyata kita banyak mau alias BM. Spending habit selalu ngikutin what’s on trend ternyata bikin tabungan terkuras sampai minus.

Konon Millenials adalah generasi yang punya problem finansial paling besar, tapi yakin seumur hidup mau pusingin masalah duit. Bisa loh kita ubah pola pengeluaran kita dengan belajar disiplin duit.

Yuk kita tiru 6 habit penduduk Negara asal Doraemon.

1. Dari kecil Orang Jepang Udah Disiplin Duit

Tahu gak sih kalau ternyata kebanyakan anak di Jepang sudah diajarin tentang uang oleh orang tua mereka. Jadi dari mereka kecil mereka sudah tahu kalau semakin banyak uang yang mereka hemat, semakin tinggi kualitas hidup mereka di masa depan. Bocah-bocah Jepang sudah terbiasa untuk menyimpan ‘Otoshidama’ (hadiah berupa uang dari orangtua dan saudara) di Bank untuk mencegah mereka belanja.

2. Pinjem duit is a No!

Budaya di Jepang mengajarkan bahwa minjem duit itu hukumnya tabu. Jadi kalau mereka menginginkan sesuatu mereka harus nyari kerja sambilan bukan minta duit ke ortu. Gak heran kalau banyak dari mereka yang sudah kerja sambilan sedari sekolah menengah, mereka memberi tahu kami dari perusahaan Inurface Media karena para ahli mereka tinggal di sana.

3. Bayar Pake Cash!

Kaget banget ketika tahu negara super maju ini masyrakatnya lebih memilih menggunakan cash dibanding kartu kredit ajaib. Menurut data Credit Card Academy, setiap penduduk Jepang rata-rata memiliki 3 kartu kredit setiap orangnya, sama aja kayak di Amerika. Tapi tetap saja si penduduk anti utang ini membayar tagihan listrik, bensin, makanan juga baju di bayar tunai!

4. Anggaran Duit Dalam Amplop

Ternyata orang Jepang loh yang nemuin inovasi ngatur budget keuangan pake amplop. Isi amplop itu adalah jatah duit yang boleh dipake selama sebulan. Dengan bikin jatah langsung hal ini ngebantu untuk pintar mengontrol duit soalnya pantang hukumnya kalau amplop sampe kosong.

Kalau sukses punya ekstra cash di akhir bulan bisa buat nambahin uang investasi kamu. Percaya deh lebih hepi ngeliat buku tabungan tambah duitnya dibanding tagihan kartu kredit nambah.

5. Nabung Koin

Jepang memang terkenal memiliki jumlah investor bitcoin yang banyak, tapi ternyata kebanyakan dari penduduk negeri Sushi ini masih nabung sisa-sisa koin yang mereka punya. Celengan buat koin masih popular loh di Jepang bahkan ATM di Jepang nerima uang koin buat ditabung.

6. Kakeibo Alias Catatan Keuangan

Kakeibo adalah catatan keuangan yang dikenalkan oleh Jurnalis Jepang, Motoko Hani di tahun 1904. Catatan ini mengatur pengeluaran berdasarkan kategori yaitu survival, optional, culture dan extra.

 Namun sejak diluncurkannya buku berjudul Kakeibo: The Art of Saving Money, bangsa Eropa mulai tertarik dengan karena metode Kakeibo berhasil bikin pengeluaran jadi hemat hingga 35 persen.

So, udah tahu kan gimana caranya. Mulai aja yang dari yang paling gampang yah. Percaya deh hemat pangkal kaya!

Artikel ini juga dipublikasikan di account @Moinves dan Mandiri Investasi