Tuesday, 12 June 2018

Smart Investor - Strategi Investasi Terbaik Pria vs Perempuan

By Aliyah Natasya

Men are from Mars and Women are from Venus. Itu sebuah judul buku yang menggambarkan kalau wanita dan pria itu makhluk yang berbeda karakteristiknya. cara menanggapi persoalan, bertahan hidup termasuk strategi berinvestasi.

                 Photo by Moose Photos from Pexels

Simak 3 faktor yang membedakan strategi investasi pria dan perempuan.

1. Jatah Investasi

Walau perempuan lebih hobi shopping, tetapi harga belanjaan pria lebih mahal! Buat pria penting banget jaga gengsi, termasuk dalam hal menghidupi diri sendiri juga pasangannya. Hobi gadget, koleksi sneakers terkini sampe biaya nyenengin pasangan memang jauh lebih menguras biaya. Gak heran kalau jatah investasi lebih sedikit dibanding perempuan.

Tetapi seiring dengan penambahan usia dan bertambahnya jumlah anggota keluarga, para pria lebih bisa menge-rem hobi mereka karena ingin membahagiakan keluarga.

2. Over Pe-De alias Over Confidence

Pria jauh lebih percaya diri dan rajin mencari market update dibanding perempuan. Kebanyakan dari pria lebih percaya diri kalau mereka memiliki uang banyak. Pria enggak segan untuk mencoba jenis investasi baru ataupun mencari yang memberi return lebih banyak.

Sedangkan perempuan walau lebih rajin menabung mereka cenderung lebih memilih investasi yang aman.

3. Tujuan investasi

Ternyata pria cenderung memiliki tujuan investasi jangka pendek. Pria lebih tidak sabaran, lebih aktif bertransaksi dan rajin memindahkan alokasi investasinya. Hal ini gak jarang lebih memiliki resiko kehilangan profit lebih besar serta biaya transaksi.

Perempuan memiliki tujuan investasi jangka panjang hal ini dikarenakan perempuan lebih memikirkan kondisi keluarga di masa depan. Sekolah anak, biaya kesehatan, biaya pensiun menjadi pertimbangan untuk tetap bertahan dengan investasinya.

Nah udah tahu kan 3 karakter strategi investasi Adam VS Hawa. Gak usah sibuk banding-bandingin dan cari tahu who’s the best investor. Mendingan kalian sebagai pasangan mulai aktif berinvestasi dan menjadikan kehidupan keluarga lebih baik.

Artikel ini juga di terbitkan di akun instagram @Moinves & www.mandiri.co.id