Tuesday, 12 June 2018

Smart Investor - Kenali Profil Resiko dan Olahraga Favorit Kamu

By Aliyah Natasya

Sudah siap kamu menjadi investor? Sebelum salah langkah coba kenali profil resiko kamu, biar kamu bisa tahu produk investasi yang cocok. Ada tiga tipe investor yaitu konservatif, moderat dan agresif. Tiap orang punya profil resiko yang berbeda. Bisa saja kamu tipe investor moderat tapi ternyata pasangan kamu tipe agresif.

 Photo by bruce mars from Pexels

Photo by bruce mars from Pexels

Tipe olahraga pilihan kamu juga bisa loh menggambarkan tipe profil resiko kamu. Yuk cari tahu profil resiko kamu melalui hobi olahraga kamu.

Lari dan Yoga

Lari adalah olahraga paling mudah dan bisa dilakukan di mana saja. Investor yang doyan lari atau yoga memiliki sifat sabar dan fokus. Kedua olahraga ini membutuhkan kestabilan juga rasa nyaman hingga bisa mencapai tujuan untuk melakukan pose yang sulit atau jarak puluhan kilo meter.

Mereka adalah investor yang konservatif, mereka menyukai investasi yang aman, memiliki imbal hasil cukup, stabil dan berinvestasi untuk jangka pendek.

Kalau kamu di kategori ini produk reksa dana yang cocok adalah reksa dana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap.

Sepakbola atau Basket

Sepakbola, basket dan olahraga tim lainya membutuhkan kerjasama tim. Not a one man show alias sharing merupakan karakteristik investor moderat. Kebersamaan dan mengatur strategi merupakan kunci untuk mencapai kemenangan.

Kerja sama tim terkadang naik tapi juga bisa turun sama halnya dengan kinerja investasi. Investor moderat sudah paham kalau nilai investasi terkadang bisa turun tapi bisa juga nilai investasi tumbuh subur. Investor tipe ini biasanya berinvestasi untuk jangka menengah.

Pilihan produk yang cocok untuk tipe investor moderat adalah reksa dana campuran.

Muay Thai atau Diving

Olahraga yang memacu adrenalin biasanya dimiliki oleh kita yang pemberani alias risk taker. Siap babak belur ataupun menyelami laut yang penuh kejutan memberikan tantangan tersendiri dalam melakukan olahraga ini.

Mereka ini termasuk kategori investor agresif karena mereka siap menerima tantangan bahkan terluka. Mereka siap kehilangan sebagian untuk mendapatkan imbal hasil yang super besar. Inget ya, high risk high return.

Kalau kamu termasuk tipe investor agresif, reksa dana saham cocok banget jadi pilihan kamu.

Anyway, no worries kamu bisa up grade profil resiko kamu seiring berjalannya waktu dan pengetahuan kamu berinvestasi kok. Jam terbang gak akan bohong. Kalau kamu rajin berinvestasi, belajar tentang market dan stay update sama Moinves kamu pasti cepet jadi investor handal.

Artikel ini juga dapat di baca di akun instagram @Moinves dan www.mandiri.co.id