Tuesday, 5 December 2017

Smart Investor - Apa sih KTA itu?

By Natasha Anggraini

Bosen di telfonin berkali-kali sama bank mengenai KTA? Atau bahkan sangking agresif nya sampe dikirimin SMS berkali-kali? Dannnnnn… walaupun udh kita bilang gak mau mereka masih ngotot untuk nelfon kita lagi?

Jadi apa sih sebenernya KTA itu?

KTA itu singkatan dari Kredit Tanpa Agunan, salah satu produk pinjaman bank yang diajukan tanpa agunan/jaminan yang kita berikan ke pihak bank.

Wow kayanya enak banget yah bisa minjem ke bank tanpa ngasih jaminan, yuk simak apa sih keunggulan KTA ini!

Syarat Mudah di Banding Produk Kredit Lainnya

Kita hanya perlu menyiapkan kelengkapan dokumen seperti kopi KTP, KK dan bukti pembayaran kartu kredit terakhir.

Setelah itu mengisi formulir yang bisa dilakukan di website bank terkait tanpa harus datang ke bank nya sendiri.

Dana KTA Cepat Turun

Salah satu keunggulan KTA adalah dana bisa diambil dalam waktu 2-3 hari saja, ini dikarenakan tidak ada jaminan dan proses yang berbelit-belit pada bank.

Tapi jangan terkesima dulu dengan program KTA ini, walaupun terlihat mudah kita harus cermati kekurangan produk KTA ini juga, salah satunya adalah ;

  • Bunga KTA Relatif Lebih Tinggi

Karena tidak ada jaminan yang di agunkan ke bank, bunga KTA ini cukup tinggi dan bisa mencapai angka 20% tiap tahunnya (swara.tunaiku.com)

  • Harus Memiliki Kartu Kredit

Banyak orang yang tidak tahu bahwa jika kita ingin mendapat KTA kita harus mempunyai kepemilikan kartu kredit selama 1 tahun, kalaupun tidak kita harus menjadi pengguna payroll (mendapat gajian) lewat bank tersebut.

Jadi, walaupun ada kekurangannya KTA sebenarnya bisa memberi manfaat yang sangat besar bagi kita apalagi jika kita membutuhkan modal usaha / dana darurat. Tapi harus hati-hati juga sih, karena sangking banyaknya bank menawarakan KTA dengan syarat mudah kita juga harus hati-hati.

Saran kami, cari KTA dari bank yang sudah terpercaya karena resiko nya lebih kecil.