Sunday, 31 March 2019

Article - Investasi SBR006 alias Savings Bond Ritel

By Aliyah Natasya

Sekarang ini Pemerintah rajin mengeluarkan produk investasi yang tujuannya untuk membantu pembangunan negara dan memberikan tambahan produk investasi yang aman. Di tanggal 1 April 2019 ini, Kementrian Keuangan Republik Indonesia mengeluarkan SBR006.

Sejak 2018 kemarin, peminat investasi Obligasi Pemerintah ini semakin meningkat dan bahkan melampaui target! Sebagai salah satu millenial, aku turut bangga karena ternyata 50 persen investor SBR yang lalu adalah geng millenials!

SBR menjadi salah satu produk investasi favorit karena terjamin aman, memberikan kupon alias imbal hasil yang lebih besar dibanding deposito dan potongan pajak yang lebih kecil dibadning deposito. Oh iya, kupon dari SBR dibayarkan langsung ke rekening kamu setiap bulannya.

Jangan khawatir karena kita ikutan jadi investor cukup dengan satu juta rupiah saja. Kalau mau lebih dari satu juta yah Alhamdulillah, tapi kalau mau lebih harus dalam kelipatan satu juta rupiah yah.

SBR006 sudah bisa dipesan di Mitra Distribusi (MiDis) yang telah ditunjuk resmi oleh Kemenkeu. Total ada 14 MiDis dari berbagai Bank dan perusahan Fintek.

  1. Bank BCA
  2. Bank Mandiri
  3. BNI
  4. BCA
  5. Bank BTN
  6. PermataBank
  7. MayBank
  8. Danareksa Sekuritas
  9. Trimegah Sekuritas
  10. Investree
  11. Bareksa.com
  12. Tanamduit
  13. Modalku
  14. Invisee

Enaknya lagi sudah ada online registration yang mempermudah hidup kita semua, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Plusnya lagi, transaksi paperless ini tentunya ramah lingkungan.

Untuk siap berinvestasi, kalian harus mengikuti langkah- langkah mudah berikut:

Registrasi. Lakukan E-registration di salah satu Mitra Distribusi. Kalian harus mempersiapkan E-KTP, NPWP, data diri seperti email dan no handphone juga rekening tabungan kamu juga nomor SID (single Investor Identification). Harap bersabar sedikit, karena dibutuhkan proses verifikasi yang memakan waktu 1 sampai 3 hari kerja yah. That’s why mending segera registrasi langsung.

Pemesanan. Setelah sukses registrasi kamu bisa melakukan pemesanan SBR006. Jangan lupa untuk membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Masa pemesanan ini berlangsung dari tanggal 1 – 16 April. Jadi hari terakhir melakukan pemesanan tanggal 16 April 2019 yah.

Pembayaran. Setelah kamu pemesanan diverifasi kalian akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) yang akan dikirimkan via email atau SMS dari MiDis pilihan kamu. Kode ini digunakan untuk menyetor dana investasi SBR006.

Konfirmasi. Kamu akan mendapatkan buktu bayar berupa NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) berikut notifikasi Completed Order.

Gampang kan untuk mulai berinvestasi, aku pun sekarang sedang download aplikasi online biar bisa langsung pesan SBR006.